13 Tempat Wisata Keren Di Klaten

Tempat Wisata Klaten

Kota Klaten dikenal sebagai kota 1001 umbul, karena memang di kota Klaten ada banyak sekali umbul atau mata air. Dan yang terbaru tentu saja umbul ponggok yang menjadi hits di sosial media sebagai salah satu spot selfie underwater di Jawa Tengah.


Namun tahukah anda masih banyak lagi spot wisata menarik di kota Klaten, selain umbul masih ada wisata berbagai candi hingga bahkan air terjun juga ada di kota Klaten. Jadi buat anda yang ingin berwisata, tak ada salahnya mencoba berbagai spot wisata di kota Klaten. Apalagi kota Klaten juga mudah ditempuh dari kota wisata lainnya seperti Jogja dan Solo.
Ini dia daftar wisata di kota Klaten buat sobat yang tertarik melakukan trip ke kota Klaten.
1. Candi Merak
Tempat Wisata Klaten
Candi Merak terletak di Dukuh Candi, Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kbupaten Klaten, Jawa Tengah. Komplek candi terdiri dari satu bangunan induk dan tiga candi perwara. Diperkirakan candi ini dibuat sekitar abad 9-10, yaitu di zaman Kerajaan Mataram Kuno.
Di sekitar candi Merak juga ada candi lain seperti Candi Karangnongko, Candi Bakelan, dan Candi Kriyan. Biaya masuk Candi Merak juga sangat murah, hanya Rp 1000 saja. Candi Merak dapat menjadi alternatif selain Candi Prambanan.
2. Candi Sewu
Tempat Wisata Klaten
Candi Sewu merupakan situs candi budha terbesar setelah Candi Borobudur, Letaknya masih di sekitar komplek Candi Prambanan. Candi yang terletak 17 km dari Kota Yogyakarta ini berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.
Meskipun namanya Candi Sewu, tapi Candi ini hanya memiliki 257 bangunan candi. Biaya masuk Candi Sewu hanya Rp 15.000 / orang, murah bukan?.
3. Umbul Manten
Tempat Wisata Klaten
Umbul Manten adalah salah satu umbul favorit di kota Klaten, lokasinya tidak jauh dari Umbul Ponggok. Terletak di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.
Umbul Manten memiliki karakteristik yang berbeda dengan Umbul Ponggok, selain lebih kecil, Umbul Manten juga lebih alami dan terasa menyatu dengan alam. Umbul ini juga tidak terlalu dalam, sehingga aman mengajak anak kecil kesini, tapi tetap harus dalam pengawasan orang yang lebih tua. Biaya masuk ke Umbul Manten hanya Rp 2.500 . Dengan biaya murah anda bisa berenang di air jernih alami yang tidak anda dapatkan di Kota besar.
4. Umbul Ponggok
Umbul Ponggok
Ini dia Umbul terbesar di kota Klaten, dengan luas 50x25 m dan kedalaman bervariasi antara 1,5 hingga 2,6 meter. Banyak yang bisa anda lakukan disini, mulai dari belajar snorkling maupun berfoto underwater ditemani banyak ikan ikan warna warni. Jangan khawatir kalau anda tidak punya kamera, karena banyak yang menawarkan jasa foto di lokasi Umbul Ponggok. Dan ada juga jasa laminating HP buat anda yang ingin memakai HP sanda sendiri.
Umbul yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah ini juga murah loh biaya masuknya, hanya Rp 3.000 di hari biasa dan Rp 5.000 di hari libur. Dengan biaya murah, anda sudah bisa snorkling dan foto underwater seperti di dasar laut. Menarik bukan ?.
5. Candi Plaosan
Candi Plaosan
Candi ini terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten. Letaknya masih dekat dengan Candi Sewu, sekitar 1,5 km ke arah timur.Bangunan utamanya berupa dua candi kembar yang dinamai Candi Plaosan Lor (utara) dan Candi Plaosan Kidul (selatan).
Untuk masuk candi Plaosan hanya dikenakan biaya seikhlasnya dan mengisi buku tamu. Oh iya, pemandangan disini bagus sekali saat sunset dan sunrise.
6. Umbul Kapilaler
Tempat Wisata Klaten
Umbul Kapilaler letaknya hanya sekitar 500 meter ke arah timur dari Umbul Ponggok tepatnya di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Lokasinya sangat nyaman karena disampingnya dikelilingi pohon beringin dan bebatuan besar di tepinya.
Asyiknya lagi untuk masuk ke Umbul Kapilaler tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.
7. Rowo Jombor
Tempat Wisata Klaten
Rowo Jombor adalah kawasan wisata kuliner di atas rawa, disini banyak warung apung yang menjajakan olahan ikan. Pengunjung juga dapat memancing ikan sendiri di Rowo Jombor kemudian tinggal dimasak di warung. Tempat ini cocok sekali untuk liburan bersama keluarga anda. Terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.
8. Curug Indah Tegalrejo
Tempat Wisata Klaten
Air terjun ini berada di perbatasan Klaten dan Gunungkidul, sekitar 30 menit perjalanan ke arah selatan dari Rowo Jombor. Curug ini lebih dikenal sebagai Curug Bayat karena lokasinya yang dekat dengan Kecamatan Bayat.
Untuk kesini anda dapat menempuh rute dari jalan Jogja-Solo ambil arah ke Kecamatan Wedi melalui stasiun Srowot atau Bendogantungan, kemudian ambil arah ke Bayat yaitu pasar Wedi ke selatan kemudian ada perempatan belok kiri lurus terus sampai Kecamatan Bayat. Setelah itu ada rumah koramil TNI yang berada di kanan jalan / selatan jalan, ikuti saja jalan aspal tersebut lurus terus +200 m.
Tiket masuk hanya Rp 2.000 / orang, murah bukan ?.
9. Luweng Sampang
Tempat Wisata Klaten
Luweng Sampang terletak di Desa Jogoprayan, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Air terjun ini relatif sepi, mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Meskipun tinggi air terjun ini hanya 5 meter, namun bebatuan di samping air terjun membuatnya makin indah dan unik layaknya grand canyon. Sayangnya air disini terkadang keruh setelah hujan dan debitnya juga tidak terlalu besar. Konon air terjun ini dulunya tempat Sunan Kalijaga bertapa.
10. Water Gong
Tempat Wisata Klaten
Ini adalah tempat alternatif berenang selain Umbul Ponggok, letaknya tidak jauh dari Umbul Ponggok. Tempat ini adalah sungai dijalan menuju Umbul Sigedang dan Umbul Kapilaler. Dulu sungai ini banyak ilalang dan rumput liar yang tinggi tinggi, namun sekarang dikelola menjadi sebagus ini. Berbeda dengan Umbul Ponggok yang banyak dikunjungi orag dewasa, Watergong lebih banyak dikunjungi keluarga yang punya anak kecil karena airnya tidak terlalu dalam dan arena bermain disini juga banyak.
11. Umbul Cokro
Tempat Wisata Klaten
Umbul yang populer dengan nama OMAC atau Obyek Mata Air Cokro ini terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Biaya masuk ke pemandian ini hanya Rp 5.000 / orang, disini juga ada wahana waterboom yang cocok untuk tempat bermain anak anak. Sangat cocok untuk mengajak keluarga anda berlibur ke Umbul Cokro.
12. Museum Gula GondangWinangoen
Tempat Wisata Klaten
Tempat Agrowisata yang satu ini jangan anda lewatkan ketika berada di kota Klaten. Karena tempat ini menawarkan wisata yang anti mainstream di kota Klaten, yaitu wisata Pabrik gula . Disini anda juga bisa merasakan sensasi naik Lokomotif tua menyusuri lokasi museum gula. Cocok sekali mengajak anak anda berwisata sekaligus belajar di Museum Gula ini.
Biaya masuk ke Museum dan pabrik gula ini hanya Rp 10.000 saja per orang.
13. Candi Prambanan
Candi Prambanan
Untuk wisata yang terakhir ini rasanya sudah tak asing lagi buat kita semua, Candi Prambanan adalah candi yang unik. Lokasinya berada di kabupaten Sleman namun pintu masuk menuju kompleks candi ada di kabupaten Klaten. Candi ini sangat cocok untuk wisata, sebab kompleksnya luas dan banyak spot foto menarik disini. Tiket masuk ke Candi Prambanan sebesar Rp 30.000 / orang.
Itulah 13 spot wisata keren di Klaten, tentunya masih banyak lagi spot wisata keren lainnya di Kota Klaten. Tunggu apalagi, segera kunjungi lokasi wisata keren keren tersebut.
Anda juga bisa membagikan tulisan ini kepada orang lain, agar semakin banyak wisatawan yang datang ke Kota Klaten. Sampai jumpa di artikel berikutnya sobat :)

1 komentar: